Metodologi penelitian merupakan…..

13 Jan

Samuel Unggul Natigor

252 09 034

AR-5151_METODOLOGI PENELITIAN ARSITEKTUR

Metodologi merupakan rangkaian keseluruhan dengan menggunakan metoda-metoda untuk mencapai tujuan. Ini berarti metoda tidak sama dengan metodologi karena metoda adalah bagian dari metodologi. Sedangkan penelitian adalah kegiatan mengukur, menbandingkan, serta menilai data-data yang dikumpulan terkait dengan apa yang diteliti; dengan sesuatu yang diteliti adalah sesuatu yang “grey” (tidak jelas). Di dalam penelitian, permasalahan atau ‘pertanyaan’ diarahkan secara sistematis menuju penciptaan sebuah pengetahuan baru. Sistematik disini tidak selalu hal yang eksperimental /positivistik (memakai statistik). Pada dasarnya semua riset itu reductionist (penyederhanaan), dan penciptaan pengetahuan baru itu juga tidak selalu merupakan Grand Theory (Big T); bahkan untuk periode masa sekarang jarang peneliti mencari sebuah Big T yang baru.

Metodologi penelitian ini memiliki persiapan yang dibagi dalam tiga tahap proses. Pertama adalah System of Inquiry, yaitu tahap dimana segala ‘pertanyaan’ dan permasalahan (sebaiknya adalah hal-hal yang tidak terlalu umum/luas) yang berkaitan dengan penelitian ini mulai dipahami dan dikumpulkan; contoh System of Inquiry yang sering digunakan di dalam penelitian arsitektur adalah Critical Theory dan Post Structuralist. Kedua adalah Strategy, yaitu tahap dimana strategi penelitian mulai ditentukan; apakah berupa metoda, riset, atau perancangan. Ketiga adalah Tactic, yaitu tahap pengembangan dari tahap sebelumnya; seperti teknik/cara dan prosedur apa saja yang akan digunakan nantinya.

Penelitian selalu berkaitan dengan fenomena-fenomena, dan ini berpengaruh kepada jenis kerangka penelitian itu sendiri. Terdapat dua jenis/sifat kerangka penelitian, yaitu penelitian yang bersifat kuantitatif (dimana manipulasi fenomena itu dapat diukur) dan yang bersifat kualitatif (tidak terukur). Penelitian yang bersifat kuantitatif memiliki karakter matematik, atomistik, reductionist, serta konvergen (sering ditemui pada penelitian di bidang teknologi, engineering, dan perilaku). Penelitian yang bersifat kualitatif memiliki karakter mythic/poetic, berkesinambungan, menyeluruh, divergen, dan generative (sering ditemui pada penelitian di bidang seni, kemanusiaan, arsitektur, serta bidang desain yang lainnya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: